Senin, 07 Mei 2012

Seragam ber-barcode

Ini hanyalah sebuah ide yang bisa diterapkan di sekolah, kantor, pabrik atau apapun yang memerlukan kontrol terhadap banyak orang.

Idenya sederhana...setiap sekolah mendisain seragamnya dengan menambahkan barcode yang menempel secara permanen, yang berfungsi sebagai absensi bagi siswanya dimana data barcode tersebut akan terbaca alat sensor yang dipasang dipintu gerbang sekolah yang tersambung langsung ke data basenya sekolah.
data yang diinput dapat disesuaikan dengan kebutuhan  ..contohnya jam datang, jam pulang, nama siswa dan data penting lainya.

Demikian juga hal yang sama bisa diterapkan dikantor kantor, pabrik pabrik karena setiap kedatangan / kepulangan pegawai dapat tercatat secara akurat sehingga tidak ada istilah titip absen.
Untuk kantor/pabrik data barcode tersebut bisa juga tersambung dengan kontrol dibagiannya masing-masing selain di data base utama.

Kelebihan sistem seragam yang memakai barcode ini antara lain...
* effisiensi waktu
* effisiensi kerja
* effisiensi kontrol
* akurasi
* meningkatkan disiplin
* dan banyak lagi

Adapun penggunaan sistem ini disekolah dapat dimaksimalkan....misalnya setiap siswa yang telah sampai di sekolah dan barcodenya terbaca sensor..maka data tersebut juga langsung tersambung ke nomer telepon / hp orang tua/wali siswa yang bersangkutan berupa sms atau pesan singkat yang mengabarkan kehadiran putra putrinya di sekolah, demikian pula dengan jam kepulangan dari putra-putrinya...

Sekali lagi ini hanyalah sebuah ide atau sumbang saran...sebagus apapun sistem yang dipergunakan...kembali lagi kepada SDM-nya masing-masing, namun begitu... perbaikan dan penyempurnaan sistem tetap harus dilakukan, baik itu sistem.. terlebih SDM nya, guna meminimalisir ketidak disiplinan yang kerap dilakukan.

Saya berharap saran ini menjadi bagian dari solusi bagi perbaikan disiplin kita semua.
Amien..

note:
Untuk perusahaan operator selular...ide ini bisa menjadi bisnis dan promosi yang sangat menguntungkan..
( kalau ingin lebih detail mengenai keuntungan yang bisa didapat..bisa menghubungi alamat e-mail di bawah)

dwihadi15@gmail.com

1 komentar: